Rabu, 17 September 2014

Jawaban LKS latihan TIK 2

      1. Pengertian jaringan komputer?
       Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain    untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

2.      2.  Jelaskan manfaat jaringan komputer ?
                  Manfaat jaringan komputer :
                  a. Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya  tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file,dan program-program. Dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi. 
b. Reliabilitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopykan data-data ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Dengan demikian,apa bila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang,kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain. Hal ini akan menguntungkan karena kita terhamabat, meskipun ada komputer yang rusak ataupun data-data yang hilang.
c. menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan,perusahaan dapat menghemat peralatan harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian,jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
d. Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirim surat kepada seluruh stafnya. Pemimpin perusahaan cukup mengirim undangan jaringan komputer yang ada.
  e. komunikasi 
ada sistem jaringan pc sangat mungkin untuk dapat saling berkomunikasi andaikan jaringan pc dilengkapi dengan jaringan internet, maka berkomunikasi dapat memakai software instant message yang berbentuk online, layaknya yahoo messenger, gtalk, ebuddy, serta lain sebagainya. akan tetapi bila tidak, maka dapat memakai software instant messenger yang berbentuk off-line atau cuma memiliki fungsi di dalam jaringan pc saja, layaknya winchat, net send, serta fominenet. disamping itu dengan jaringan kita dapat bertukar info serta dan data melewati e-mail. 

  f. sharing data 
apabila andaikan kita perlu mengantar data dengan jumlah besar dari sesuatu pc ke pc lain. apa yang perlu kita jalankan. rata-rata kita dapat memindahkan data tersebut, gunakan media eksternal, umpama, usb flash disk, dvd atau cd dan seterusnya. perihal itu mungkin dikerjakan, akan tetapi mengonsumsi waktu lama serta terlampau tidak efisisien. nah oleh karena ada jaringan pc, kita dapat memindahkan sesuatu data dari pc ke pc dengan cepat serta gampang. 

g. sharing media 
tak hanya untuk sharing data, sistem jaringan pc juga sangat mungkin share peralatan penunjang layaknya printer, scanner, serta yang lain. lantas, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak usah cocok dengan jumlah pc yang difungsikan. dengan kata lain, satu printer serta scanner dapat difungsikan untuk lebih dari satu pc sekalian. 

  h. centralized security 
pemasangan perangkat keamanan pada satu area untuk mengamankan semua jaringan pc. umpama : firewall ( memiliki fungsi untuk mengfilter/menyeleksi info yang masuk ). 

  i. integrasi data 
pembagian beban pemrosesan data ke banyak pc lebih gampang. umpama : sistem terdistribusi. 

  j. efisiensi waktu serta tenaga 
kurangi waktu serta tenaga percuma di dalam pertukaran data serta info yang dapat di jalankan tanpa kita bekerja dengan tenaga punya arti kita tinggal buka saja laptop/komputer kita. umpama : file share via jaringan. 

  k. kerjasama 
sangat mungkin kolaborasi dari banyak orang-orang apalagi hingga di dalam cakupan global ( semua dunia ). umpama : workgroup, komune open source software ( free / gratissss ). 

l. efisiensi biaya 
kurangi keperluan hardware serta software ( 1 komponen dapat di pakai berbarengan ). umpama : diskless workstation. 

m. peningkatan produktivitas 
dengan efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerja sama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas dapat meningkat. 

n. centralized administration 
pengelolaan total sistem dari satu area. umpama : active directory pada windows 2000/2003 server. 

o. hiburan interaktif 
( nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu, dan seterusnya ). 
jadi sesuatu kesenangan tersendiri bila kita punyai jaringan pc di dalam tempat tinggal sendiri. lebih-lebih dengan telah dikembangkannya smartphone yang makin lama banyak bermunculan sepeti i-phone serta android yang di mana handphone tersebut diperlukan koneksi atau jaringan pc yang cukup untuk membuka info yang kita ingginkan. 

p. efisiensi biaya 
kurangi keperluan hardware serta software. 

q. efisiensi waktu serta tenaga 
kurangi waktu serta tenaga percuma di dalam pertukaran data serta info. umpama : file share via jaringan. 

r. peningkatan produktivitas 
dengan efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerja sama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas dapat meningkat.
3.   3.  Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis jaringan komputer?
             a.. Local Area Network (LAN) - Merupakan jaringan internal di dalam sebuah gedung atau kampus. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu organisasi, perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya misalnya printer, media penyimpanan (storage) serta saling bertukar infromasi.

       b.Metropolitan Area Network (MAN) - Merupakan versi LAN yang dengan cakupan / area lebih luas dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

       c. Wide Area Network (WAN) - Memiliki jangkauan geografis yang lebih luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

      d.  Internet - Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet.

      e. Jaringan Tanpa Kabel - Atau yang biasa lebih dikenal dengan Wireless merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Jaringan tanpa kabel memiliki kelebihan karena lebih leluasa bergerak (mobile) dalam melakukan aktifitas komunikasi.
 
4.      4. Jelaskan Fungsi dari
      a.       Komputer Server
Fungsi: Menyediakan layanan penyimpanan dan penemuan kembali (retrieval) file-file.
b.       Komputer Client
Fungsi: sebagai tempat mengakses dan menyimpan sebuah  layanan.     
   Kartu Jaringan
Fungsi : sebuah jembatan dari sebuah komputer  ke jaringan komputer.                        
d.       Hub
Fungsi : 
                 a. pasif : sebagai pemisah atau pembagi jaringan akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal    sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan
                 b. aktif : sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan akan tetapi hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bekerja.

e. Kabel dan Konektor
Fungsi : Fungsi Konektor adalah sebagai penghubung antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya namun ada juga beberapa konektor yang memiliki fungsi yang berbeda misalkan konektor seperti dibawah ini :
1. ATX power connector (20pin + 4pin) : ATX 20/24 pin konektor digunakan untuk menghubungkan power supply unit (PSU) ke motherboard. Versi lama dari ATX
motherboard masih menggunakan ATX 20 pin konektor, jika kita menggunakan motherboard yang terbaru sudah membutuhkan ATX 24 pin konektor. Konetktor ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin. Jika kita menggunakan motherboard yang baru maka gabungkan antara 20 + 4 pin konektornya

 f. Repeater 
Fungsi : digunakan untuk memperluas batas-batas dari daerah jaringan kabel lokal (LAN) atau WiFi. Pada masa lalu di gunakan untuk menggabungkan segmen ethernet.

g. Bridge 
Fungsi : untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi 2 buah jaringan, mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur. 

h. Router 
Fungsi : sebagai penghubung antara 2 atau lebih jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3 juga berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara 2 segmen jaringan atau lebih.
5.  Jelaskan dengan bahasa kamu sendiri, bagaimana data dikirimkan melalui sebuah jaringan komputer!
kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu.

6.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan TCP/IP! Sebutkan dan jelaskan protokol apa saja yang ada di dalamnya!
TCP/IP adalah salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk melayani komunikasi data di area yang luas
- Aplication Layer
- Transport Layer
- Internet Layer
- Network Interface Layer

7.       Apa yang dimaksud dengan bandwith dan bps!
-Bandwith : kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita.
-bps : kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second

Tidak ada komentar:

Posting Komentar