Kamis, 18 September 2014

"With Globe"Teknologi Pengawasan Cuaca Terbaru Milik BMKG

Jakarta, GATRAnews- Guna melengkapi sarana kebutuhan informasi publik terhadap informasi khususnya yang berkaitan dengan cuaca, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), meluncurkan media visualisasi hasil observasi fenomena cuaca bumi bernama With Globe.

Menurut kepala BMKG, Andi Eka Sakya, With Globe merupakan sebuah teknologi tampilan cuaca bumi hasil observasi selama 365 hari dan bekerja untuk 24 jam. Dengan teknologi tersebut, BMKG berharap berbagai kebutuhan informasi terkait cuaca dapat terpenuhi kebutuhannya kepada publik. "Dengan produk ini, kita dapat melihat lima parameter cuaca bumi yang dapat ditampilkan secara menarik dan informatif," ujar Andi, di kantor pusat BMKG di bilangan kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (11/9).

Lima parameter cuaca bumi yang dimaksud adalah terkait gambaran arus laut, suhu permukaan air laut, Isobar permukaan bumi dan juga dapat membaca tentang proses lingkungan hidup yang begitu kompleks. Selain itu teknologi ini juga dapat membaca jika terjadi potensi gempa bumi dan tsunami.

"With Globe dapat menjadi sebuah keberhasilan sarana peraga yang sekaligus dapat membantu untuk mengilustrasikan ilmu pengetahuan tentang sistem bumi, perubahan iklim, seismologi teknik, tanda waktu gempa bumi dan tsunami. Kami dari BMKG ingin berikan pelayanan terbaik," papar Andi.

Pembangunan With Globe di BMKG, lanjut Andi, menggunakan lisensi langsung dari Weather News Inc (WNI) dari Jepang. Dan teknologi WNI yang digunakan di BMKG ini merupakan teknologi ke dua setelah yang pertama di gunakan di kantor World Meteorological Organization (WMO) di Jenewa - Swiss. "WNI merupakan satu-satunya pembuat konten cuaca global swasta didunia dengan perwakilannya terdapat di 15 Negara di 40 kota. Dengan teknologi ini kita berharap BMKG dapat memberikan pelayanan terbaiknya," katanya.
*Sumber: http://www.gatra.com/il-tek/sain/61841-with-globe-teknologi-pengawasan-cuaca-terbaru-milik-bmkg%E2%80%8F.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar