Sabtu, 11 Oktober 2014

Teknologi Ini Mungkinkan Manusia Bernafas Dalam Air Tanpa Alat



Perkembangan teknologi ternyata tidak hanya menyentuh sektor perangkat dan kesehatan. Baru-baru sekelompok peneliti dari University of Southern Denmark berhasil membuat sebuah kristalin yang menggantikan tabung oksigen bagi para penyelam. Teknologi i memungkinkan penyelam untuk menjelajah dunia bawah air tanpa bantuan alat apapun.
Teknologi yang memiliki bahan kristalin ini diklaim mampu menyimpan oksigem dalam konsentrasi yang sangat tinggi. Alhasil alat ini mampu menyuplai oksigen lebih banyak dari tabung oksigen selam konvensional.
Menurut Professor Christine McKenzie yang memimpin penelitian, kristalin ini dibuat dari bahan cobalt dan berfungsi sebagai sensor yang mempunyai kemampuan menyimpan oksigen.
Pengguna yang mengenakan teknologi ini akan mempunyai kemampuan untuk menyelam lebih lama daripada menggunakan tabung biasa.
Hal ini disebabkan oleh kemampuan material utama dari alat ini yang mampu menyerap oksigen langsung dari air laut. Dalam artian, kendati sedang menyelam alat akan terus menyimpan oksigen demi memenuhi kebutuhan pengguna.
Untuk mengeluarkan oksigen yang disimpan, peneliti memasang panas sebagai pemicu. Namun menurut Professor Christine McKenzie saat ini ia dan tim sedang berupaya untuk menggantikan panas tersebut dengan cahaya agar lebih efektif.
Teknologi ini sedang dikembangkan oleh para peneliti dan rencananya akan menjadi prototype atau contoh sebelum akhirnya diproduksi massal.
Pengguannya dapat diterapkan di dunia militer demi memberikan kemampuan lebih kepada para pasukan khususnya di medan air atau tentara maritim.
*sumber;http://www.sukatekno.com/13929/teknologi-ini-mungkinkan-manusia-bernafas-dalam-air-tanpa-alat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar